Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SD PEMULUTAN SELATAN

Fashihah, Fashihah (2025) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SD PEMULUTAN SELATAN. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (14kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Hubungan Supervisi akademik kepala sekolah dengan mutu pembelajaran ; (2) Hubungan Kompetensi profesional guru dengan mutu pembelajaran; dan (3) Hubungan supervisi akademik kepala sekolah dan kompetensi profesinal guru terhadap mutu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi parsial. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pemulutan Selatan yang terdiri dari 38 guru dan 5 kepala sekolah sehingga jumlah seluruh responden 43. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validasi menggunakanvaliditas konstruk sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbachh’s Alpha. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran dengan nilai korelasi sebesar 0,923 dengan persentasi hubungan sebesar 85 %sedangkan 15 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak disebutkan. (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran dengan nilai korelasi sebesar 0,946 dengan persentasi hubungan sebesar 89 %sedangkan 11 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak disebutkan. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran dengan nilai korelasi sebesar 0,953 dengan persentasi hubungan sebesar 91 %sedangkan 9 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata-kata kunci : Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional dan Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKristiawan, MuhammadUNSPECIFIED
ContributorPahlawan, PahlawanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:50
Last Modified: 28 Apr 2025 06:50
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item