NENI, MARLENA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 44 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER + PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (81kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (370kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pada (Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita). Kedua mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis pada ABK Tunagrahita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus. Data penelitian ini adalah hasil siswa dalam kesulitan menulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ABK Tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara, serta teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data, data reduksi, data penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa kemampuan menulis anak sudah pada tahap mampu menyalin dan menulis huruf, kata dan kalimat dengan huruf kapital. Sedangkan faktor yang menjadi hambatan dan kesulitan dalam menulis pada ABK Tunagrahita adalah faktor internal kemampuan motorik anak, faktor kemampuan visual memori anak, faktor eksternal motivasi, dan faktor guru, dan faktor keluarga.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 08:31 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 08:31 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/204 |
Actions (login required)
View Item |