Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI MENGENAL KEBERAGAMAN BUDAYA SEKITAR KELAS V SEKOLAH DASAR

NABILA, FITRALOVA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI MENGENAL KEBERAGAMAN BUDAYA SEKITAR KELAS V SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER+PENGESAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
A. ABSTRAK IND.pdf

Download (89kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis saintifik pada materi mengenal keberagaman budaya sekitar kelas V Sekolah Dasar merupakan penelitian yang bertujuan untuk dapat menghasilkan produk media pembelajaran video animasi yang valid, praktis, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik lebih mudah memahami materi PKN untuk mengenal keberagaman budaya sekitar. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pembelajaran ADDIE, lima tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil validasi validator ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi. Dari keseluruhan hasil validator mendapat rata-rata 89% dengan kriteria sangat valid, Selanjutnya hasil uji coba menggunakan Small grub dengan menggunakan 10 orang siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,8% dan kelompok besar dengan menggunakan 28 orang peserta didik memperoleh rata-rata nilai sebesar 93,5% dengan hasil penjumlahan dari kedua uji coba menghasilkan nilai sebesar 92,65% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil efektivitas yang menggunakan uji kelompok besar menghasilkan rata-rata 92,857% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, produk berupa video animasi berbasis saintifik pada materi mengenal keberagaman buday sekitar kelas V Sekolah Dasar dapat dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif, sehingga cocok diterapkan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorTanzimah, TanzimahNIDN0221107504
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:23
Last Modified: 19 Jul 2024 08:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item