Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 04 TANJUNG BATU

MUHAMMAD OKA, KAHFI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS V SD NEGERI 04 TANJUNG BATU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (143kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (82kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi siswa yaitu rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition merupakan model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition menggunakan media visual lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran matematika SD di Kelas V SD Negeri 04 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Data pemahaman konsep matematis dikumpulkan melalui tes berbentuk soal uraian sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition menggunakan media visual terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas V SD Negeri 04 Tanjung Batu. Rata-rata nilai tes siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 72,35 menjadi 83,65, sementara pada kelas control tetap. Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SD. Model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam pembalajaran matematika di SD untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRohana, RohanaNIDN0020037201
ContributorAdrianus, DedyNIDN0227077601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:22
Last Modified: 19 Jul 2024 08:22
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item