Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PROBLEMATIKA GURU IPAS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 97 PALEMBANG

Marina, Marina (2024) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU IPAS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 97 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INDO.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I MARINA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan, masalah yang dihadapi guru IPAS saat menerapkannya, dan cara guru menangani masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri 97 Palembang pada kelas IV. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk melakukan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan pengurangan data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka didasarkan pada struktur intrakulikuler, di mana ada tiga kegiatan: pendahuluan, inti, dan penutup. Guru menghadapi masalah seperti tidak memahami konsep kurikulum independen dan bagaimana membuat modul ajar dan perencanaan. Masalah ini termasuk mengevaluasi hasil pembelajaran dan membuat alur tujuan pembelajaran yang disesuaikan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiNIDN0001076301
ContributorFerri, HidayadNIDN0224057502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:56
Last Modified: 19 Jul 2024 07:56
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item