Marina, Marina (2024) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU IPAS DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 97 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER + PENGESAHAN.pdf Download (64kB) |
|
Text
ABSTRAK B.INDO.pdf Download (65kB) |
|
Text
BAB I MARINA.pdf Download (130kB) |
|
Text
DAFPUS.pdf Download (172kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kurikulum Merdeka diterapkan, masalah yang dihadapi guru IPAS saat menerapkannya, dan cara guru menangani masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri 97 Palembang pada kelas IV. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk melakukan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan pengurangan data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka didasarkan pada struktur intrakulikuler, di mana ada tiga kegiatan: pendahuluan, inti, dan penutup. Guru menghadapi masalah seperti tidak memahami konsep kurikulum independen dan bagaimana membuat modul ajar dan perencanaan. Masalah ini termasuk mengevaluasi hasil pembelajaran dan membuat alur tujuan pembelajaran yang disesuaikan.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:56 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/188 |
Actions (login required)
View Item |