Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN KINEMASTER PADA MATERI BAHASA INDONESIA TENTANG PANTUN DI KELAS V SD PADMAJAYA PALEMBANG

MADE, SURANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN KINEMASTER PADA MATERI BAHASA INDONESIA TENTANG PANTUN DI KELAS V SD PADMAJAYA PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasikan suatu produk berupa media pembelajaran animasi berbantuan kinemaster pada materi Bahasa Indonesia tentang pantun untuk siswa kelas V SD Padmajaya Palembang yang valid, praktis dan efektif. Peneliti menggunakan metode pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu (Analyze, Design, Development, Implementation, evaluation). Pengumpulan data penelitian di peroleh dari wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil analisis data berdasarkan validasi media pembelajaran animasi berbantuan Kinemaster pada materi Bahasa Indonesia tentang pantun yang dilakukan oleh para ahli pakar yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli Bahasa memperoleh nilai rata-rata validasi dengan presentase 85,8% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan pada tahap uji coba.berdasarkan hasil angket one to one memperoleh skor presentase 93,3% dengan kategori sangat praktis dan hasil small group memperoleh skor presentase 94,1% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil tes siswa menggunakan media pembelajaran animasi berbantuan kinemaster pada materi Bahasa Indonesia tentang pantun memperoleh skor presentase 96,4% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil yang dikembangkan oleh peneliti disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi berbantuan kinemaster pada materi Bahasa Indonesia tentang pantun untuk siswa kelas V SD Padmajaya Palembang memenuhi kriteria valid, praktis, efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu media pembelajaran animasi materi pantun.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLiza, MurniviyantiNIDN0203077301
ContributorAldora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:56
Last Modified: 19 Jul 2024 07:56
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item