Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SMA NEGERI 3 PRABUMULIH

TRISNA, NINA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SMA NEGERI 3 PRABUMULIH. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER- LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan bagian dari episode kebijakan merdeka belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, implementasi kurikulum merdeka pada satuan pendidikan perlu diteliti melalui penelitian yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka, mendeskripsikan dan menganalisis dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap kinerja guru, mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang menghambat dan mendukung implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Prabumulih yang menerapkan kurikulum merdeka dengan metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles dan Hubareman. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 3 Prabumulih telah dilaksanakan dengan baik melalui perubahan model pilihan implementasi kurikulum merdeka dari mandiri berubah menjadi implementasi kurikulum merdeka mandiri berbagi, (2) Implementasi kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Prabumulih didukung oleh peran kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan stakeholders lainnya. (3) Implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 3 Prabumulih pada kelas X dan kelas XI namun kelas XII menerapkan kurikulum 2013 karena masa transisi perubahan kurikulum. (4) Implementasi kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Prabumulih dimulai dengan perencanaan dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP), pengorganisasian sumberdaya, penggerakan pembelajaran, pengawasan melalui pengarahan, pembimbingan dan pendampingan. Implementasi kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Prabumulih berdampak pada (1) guru memahami kurikulum merdeka. (2) guru melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum operasional satuan pendidikan. (3) meningkatnya kompetensi guru dengan belajar mandiri di platform merdeka mengajar dan komunitas belajar. Implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 3 Prabumulih didukung oleh sumberdaya guru dan tenaga pendidik, sarana prasarana yang memadai, pembiayaan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Adapun hal yang menghambat antara lain kompetensi guru, laboratorium yang kurang memadai, dan letak geografis yang membutuhkan jangkauan waktu, tenaga dan biaya. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorArafat, YasirUNSPECIFIED
ContributorFurkan, NurilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:02
Last Modified: 13 Dec 2024 03:02
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item