Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri 1 Palembang

LISNAWATI, LISNAWATI (2024) Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri 1 Palembang. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
C. COVER+PENGESAHAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (15kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manajemen kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru merupakan dua elemen penting bagi keberhasilan pendidikan di sekolah sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 1 Palembang. Hasil penelitian menyimpulkan 1) manajemen kepemimpinan kepala sekolah telah dilaksanakan dengan baik dalam meningkatkan kinerja di SD Negeri 1 Palembang; 2) manajemen kepemimpinan kepala sekolah yang dilakukan antara lain: a) perencanaan: kepala sekolah menyusun rencana kegiatan dengan melibatkan guru dan stakeholders seperti pengawas, komite sekolah dan unsur dinas Pendidikan, b) Pengorganisasian: kepala sekolah menggorganisasikan sumber daya sekolah seperti sumber daya sarana prasarana, sumber daya keuangan, dan sumber daya manusia. c) penggerakan: kepala sekolah memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan kompetensi sesuai kebutuhan guru dan d) pengawasan: kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap kinerja guru berbasis teknologi dan supervisi dua kali dalam satu tahun Pelajaran; 3) kepala sekolah menerapkan kepemimpinan yang partisipatif, kolaboratrif, kerjasama tim, memberikan contoh perilaku dan tindakan yang positif, memotivasi dan mendorong guru mengembangkan kompetensinya, bersikap jujur dan terbuka untuk berkomunikasi dengan guru dan warga sekolah lainnya. Kendala manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 1 Palembang yakni 1) kurangnya waktu dan kesempatan untuk langsung membina guru, 2) belum optimal pemanfaatan sarana prasarana pendidikan, pembiayaan, dan pengawasan. Upaya mengatasi hambatan yakni 1) mendorong guru untuk memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi, 2) merencanakan pengadaan sarana secara bertahap dan berkelanjutan sesuai dengan kemampuan pembiayaan sekolah.3) menugaskan salah seorang guru untuk mendampingi setiap ada kegiatan di sekolah sebagai wakil kepala sekolah. Kata Kunci: Manajemen, Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLian, BukmanUNSPECIFIED
ContributorNugroho, Hery SetiyoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 11 Dec 2024 01:05
Last Modified: 11 Dec 2024 01:05
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item