Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SEMATANG BORANG PALEMBANG

NURBAITI, TIARA (2024) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SEMATANG BORANG PALEMBANG. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (298kB)
[img] Text
a. Abstrak (Bahasa Indonesia).doc

Download (24kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh fasilitas belajar dan manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran di SD Negeri Se-Kecamatan Sematang Borang Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 119 orang guru SD Negeri se-kecamatan Sematang Borang Palembang dan sampel sebanyak 54 orang guru. Uji instrumen dilakukan di luar sampel sebanyak 30 orang guru yang diambil secara acak dari populasi SD Negeri Se-Kecamatan Sematang Borang Palembang. Data dianalisis dengan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pada uji pengaruh variabel fasilitas belajar terhadap variabel efektivitas pembelajaran melalui uji t diperoleh nilai thitung 5.254 lebih besar dari ttabel 2.007 maka disimpulkan ada pengaruh fasilitas belajar terhadap efektivitas pembelajaran SD Negeri se kecamatan Sematang Borang Palembang, begitu pula uji pengaruh variabel manajemen kelas terhadap variabel efektivitas pembelajaran diperoleh nilai thitung 5.005 lebih besar nilai ttabel 2.007 maka disimpulkan ada pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran SD Negeri se kecamatan Sematang Borang Palembang. Uji berlanjut dengan melihat pengaruh variabel fasilitas belajar dan variabel manajemen kelas secaraa Bersama-sama terhadap variabel efektivitas pembelajaran dioleh nilai Fhitung 18.605 lebih besar Ftabel 3.168 pada taraf signifikan 5% sehingga disimpulkan ada pengaruh fasilitas belajar dan manajemen kelas secara bersama-sama terhadap efektifitas pembelajaran pada SD Negeri se kecamatan Sematang Borang Palembang. Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran.

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLian, BukmanUNSPECIFIED
ContributorFurkan, NurilUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 10 Dec 2024 04:29
Last Modified: 10 Dec 2024 04:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item