Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

FATHIYAH NUR, ANDINI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Tujuan dari proyek ini ialah untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis AR pada materi pecahan untuk sekolah dasar yang memberikan luaran yang andal, bermanfaat, dan efisien. Dimulai dari tahap spesifikasi produk, pengembangan produk, validasi pakar, uji coba lapangan siswa, serta menjalankan pre-test dan post-test, penelitian ini menerapkan metode penelitian Research & Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dengan nilai rata-rata validitas sebesar 84,4%, hasil analisis data menunjukkan bahwasanya Media Pembelajaran Interaktif Berbasis AR pada materi Pecahan di Sekolah Dasar yang dibuat masuk dalam kategori Sangat Valid didasarkan atas lembar angket yang dinilai oleh para pakar yang menilai tiga aspek, yakni materi, bahasa, dan media. Didasarkan atas temuan lembar angket jawaban siswa pada uji coba One to One sebesar 86% dan uji coba Small Group sebesar 98,6%, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis AR pada konten Pecahan di Sekolah Dasar yang dikembangkan juga masuk dalam kategori Sangat Praktis. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis AR pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar sangat efektif untuk diterapkan, didasarkan atas hasil N-Gain Score dari pre-test dan post-test sebesar 0,82 dengan kategori Tinggi. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis AR pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif, serta layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, didasarkan atas hasil validasi ahli, uji coba lapangan perorangan dan kelompok kecil, serta uji keefektifan siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAllen Marga, RettaNIDN0226038901
ContributorPuji, AyurachmawatiNIDN0211118806
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 04 Dec 2024 04:36
Last Modified: 04 Dec 2024 04:36
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item