Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN SOAL ASSESMENT MATERI BANGUN DATAR BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

ANGGUN DIAH AYU, NINGTIAS (2024) PENGEMBANGAN SOAL ASSESMENT MATERI BANGUN DATAR BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDO.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan soal literasi numerasi yang valid dan reliable pada materi bangun datar siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Dalam kontks pendidikan, literasi numerasi menjadi keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam konteks kehidupan sehari-hari. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah Metode RnD dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Plomp yang terrdiri dari ermpat faser, yaitur: faser inverstigasi awal (Prerliminary Inverstigation), faser dersain (Dersign), faser reralisasi/konstrurksi (Reralization/Contrurction), dan faser ters, ervalurasi dan rervisi (Terst, Ervaluration and Rervision). Faser terrakhir yaitur faser implermerntasi (Implermerntation) tidak dilakurkan karerna kerterrbatasan pernerliti. Pernerlitian ini berrturjuran urnturk merngertahuri tingkat kervalidan dan tingkat reraliberl perngermbangan soal Assersmernt materri bangurn datar berrbasis literrasi nurmerrasi urnturk siswa kerlas IV di SD Nergerri 13 Martapurra. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Angket dan Tes. Teknik analisi data yang di gunakan ialah perangkat Microsoft Excel. Validitas soal dinilai oleh tim ahli, termasuk wali kelas, dan Dosen matematika untuk memastikan kesesuaian media, dan kejelasan soal. Pengembangan Soal Assesment Materi Bangun Datar Berbasis Literasi Numeri Untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar, memperoleh hasil keseluruhan uji validitas dengan skor 88,33% dan uji reliabilias dengan skor 84,46% di nyatakan produk memenuhi kriteria kevalidan dan layak untuk di gunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorYunika Lestari, NingsihNIDN0011068201
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 04 Dec 2024 01:44
Last Modified: 04 Dec 2024 01:44
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item