TATA, AUDILLA (2024) IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN PADA OUTDOOR LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 26 PRABUMULIH. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (109kB) |
|
Text
F. BAB I.pdf Download (175kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode eskperimen pada outdoor learning ini terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 26 Prabumulih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre experimeal design dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Variabel penelitian variabel independen X = metode eksperimen dan variabel dependen Y = kemampuan berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 26 Prabumulih. Sampel penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 27. Teknik pemilihan sampel adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired simple t-test yang dilakukan setelah uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji paired simple t-test didapat nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau 19.972 > ttabel 2.052. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan metode eksperimen pada outdoor learning guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 26 Prabumulih.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2024 04:26 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2024 04:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1708 |
Actions (login required)
View Item |