Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 87 PALEMBANG

MESSY, MELYNNIA (2024) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 87 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (278kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (96kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Pendidikan merupakan komponen yang sangat penting bagi berlangsungnya kehidupan untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dalam jenjang Pendidikan, mulai dari Pendidikan usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sampai dengan Pendidikan tinggi. Untuk itu, peran seseorang guru sangat penting untuk menanamkan sikap-sikap yang baik untuk siswanya (Nursalinah & Budiningsih, 2014, p. 2) Sikap yang baik salah satunya dengan belajar Bahasa Indonesia, agar siswa dapat berbahasa dan bertutur dengan baik dan benar. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan tingkah laku dari diri untuk melakukan suatu tujuan tertentu. Minat baca merupakan kegiatan yang kuat yang disertai dengan pemahaman kata demi kata dan upaya membaca isi yang terdapat pada teks tersebut, sehingga pembaca dapat memahami apa yang diucapkan dalam bacaan tersebut. Dengan demikian, dilakukan penelitian hubungan motivasi belajar (X1) dan minat baca (X2) terhadap hasil belajar (Y) menggunakan metode angket pada siswa di SD Negeri 87 Palembang dengan responden sebanyak 25 siswa dan 20 butir soal pada masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diteliti menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang diperoleh keofisien korelasi antara variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y yang telah didapat r hitung sebesar 0,8898 dan 0,8961 yang artinya pada tingkat interval koefisien antara 0,71-0,99 dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang tinggi antara variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y yang mempunyai tingkat hubungan positif tinggi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorBambang, HermansyahNIDN0223068602
ContributorFerri, HidayadNIDN0224057502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Nov 2024 03:43
Last Modified: 30 Nov 2024 03:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item