Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK ANGKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II

EKO, JULIANTO (2024) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TEBAK ANGKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover, Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia, Inggris.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media alat hitung terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Ulak Kemang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berupa true-experimental dengan desain post-test only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Ulak Kemang dengan objek penelitian yaitu siswa kelas II.B sebagai kelas eksperimen dan II.A sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Berdasarkan analisis data, terlihat ada pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Media Permainan Tebak Angka Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran Matematika. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test untuk hasil belajar matematika yang memperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar (0,001) ≤ α (0,05) dan nilai thitung sebesar 3.695 lebih besar ≥ ttabel 2,012. Berdasarkan kriteria Keputusan, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terbukti bahwa penggunaan media alat hitung pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
ContributorSunedi, SunediNIDN0218048502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Nov 2024 02:24
Last Modified: 30 Nov 2024 02:24
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item