Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERDASARKAN PERSPEKTIF AKTIVITAS SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK SD

MUHAMMAD RASYID, ZAMHARI (2024) ANALISIS PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH BERDASARKAN PERSPEKTIF AKTIVITAS SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Bullying adalah perilaku kekerasan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan maksud untuk mengancam, mengganggu, atau merendahkan orang lain yang dianggap lebih lemah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam menangani kasus bullying di sekolah dasar serta untuk mengetahui dampak dari upaya guru dalam menangani kasus bullying di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Objek dan informasi penelitian adalah anak, orang tua, guru di sekolah dasar dan masyarakat. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bullying yang sering terjadi di SD Negeri 79 Prabumulih yaitu bullying secara verbal, hal ini dibuktikan dari hasil observasi peneliti dilapangan. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi perilaku bullying ini guru memberi motivasi kepada siswa agar memiliki mental yang kuat dan bersikap realistis, guru memberikan edukasi dan memberikan kasih sayang, kepercayaan, dan melibatkan baik pelaku dan korban. Dan guru membangun komunikasi yang efektif bersama orang tua siswa dalam mencegah dan mengatasi perilaku bullying. Dampak yang dihasilkan dari upaya yang dilakukan tersebut yaitu berkurangnya bullying secara verbal yang dilakukan oleh sesama siswa yang berarti upaya yang dilakukan guru sudah cukup efektif dalam mengatasi perilaku bullying.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMarhamah, MarhamahNIDN0219048201
ContributorArief, KuswidyanarkoNIDN0217039001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:38
Last Modified: 28 Nov 2024 03:38
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item