Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN HOTS MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 195 PALEMBANG

Nuriyah, Nuriyah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN HOTS MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 195 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Halaman Pengesahan.pdf

Download (119kB)
[img] Text
b. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (102kB)
[img] Text
f. Bab 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (58kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang tidak pernah lepas dari segala bentuk aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari apa yang dilakukan manusia dalam kegiatan kesehariannya tidak pernah lepas dari masalah hitung menghitung, baik yang berhubungan dengan ukuran, waktu dan mengenai kegiatan lainnya. Hasil belajar siswa yang kurang maksimal dapat disebabkan karena pengaruh penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Saat ini pemerintah melalui Kemendikbud mengembangkan sebuah program yang dikenal dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan HOTS Matematika. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode true eksperimen. sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 195 Palembang, kelas V dan berjumlah 56 siswa, selanjutnya peneliti menjadikan kelas VA sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen yang dipilih secara random (acak). Analisis data yang digunakan pada penelitian in yakni Independent Sample T-test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan HOTS Matematika siswa kelas V SD Negeri 195 Palembang, yang dibuktikan dari perhitungan uji t didapati nilai thitung sebesar 2,476 > nilai ttable 1,67356, dan nilai signifikansi diperoleh 0,017 ≤ 0.05. Metode pembelajaran Jigsaw dapat memberikan dan menumbuhkan semangat kerja sama dan kegairahan dalam belajar bagi siswa, meningkatkan motivasi, saling menghargai antara sesama siswa, memberikan peluang untuk menyampaikan gagasan secara terbuka

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMisdalina, MisdalinaNIDN0031056801
ContributorTanzimah, TanzimahNIDN0221107504
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:40
Last Modified: 18 Nov 2024 06:40
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item