Anami, Puteri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN NARASI TEKS SEJARAH SISWA KELAS V SD NEGERI 127 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
cover skripsi.pdf Download (38kB) |
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (103kB) |
|
Text
bab I Pdf.pdf Download (171kB) |
|
Text
daftar pustaka anami.pdf Download (166kB) |
Abstract
Masalah Penelitian : Kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah, media yang ada hanya mengandalkan bahan ajar yang ada di sekolah seperti buku dan LKS. Sehingga, belum dapat membuat pembelajaran efektif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik narasi teks sejarah untuk kemampuan membaca pemahaman pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan ADDIE diantaranya : (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek uji coba one to one sebanyak 3 siswa, subjek uji coba small group sebanyak 6 siswa, dan subjek implementation sebanyak 15 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik layak dengan perolehan nilai dari ahli rata-rata presentase 81,7% kategori layak, hasil tanggapan siswa rata-rata menunjukan siswa senang untuk membaca komik sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan presentase 95%, Berdasarkan hasil pretest dan postest diperoleh bahwa media komik yang dikembangkan telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 127 Palembang sebesar 0,42 dengan kategori peningkatan sedang menurut skala N-Gain.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:58 | |||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:58 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1600 |
Actions (login required)
View Item |