Okta Nursa, Fitri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN (PAJURANG) DI KELAS III SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (282kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (69kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan penjumlahan dan pengurangan (PAJURANG) untuk meningkatkan kreativitas siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi. dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Analisis kevalidan yang dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli materi dengan skor rata-rata 92,6%, ahli media dengan skor rata-rata 92,7%, dan ahli bahasa dengan skor rata-rata 88,6% kategori sangat valid. Analisis kepraktisan pada siswa melalui tahap uji coba perorangan diperoleh skor rata-rata 94,6%, kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 93,5%, dan angket respon guru diperoleh skor rata-rata 8,9% kategori sangat praktis. Analisis keefektifan kepada siswa dalam satu kelas terdiri dari 33 orang sebagai kelompok besar diperoleh skor rata-rata 90% kategori sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media papan penjumlahan dan pengurangan (PAJURANG) dinyatakan valid. praktis, dan efektif dalam membantu proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:36 | |||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:36 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1586 |
Actions (login required)
View Item |