Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI SKALA PERBANDINGAN KELAS V SD

WIDIA, WIDIA (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI SKALA PERBANDINGAN KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (70kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (20kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan keterampilan vital dalam kehidupan sehari-hari dan memainkan peran penting dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen yang dapat mengukur literasi numerasi siswa kelas V SD dalam memahami dan menerapkan konsep skala perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan mengunkan model pengembangan 4D tahapan define (pendefinisian ), design ( perancangan ) , Develop (pengembangan), Disseminate ( penyebaran ) Instrumen asesmen yang dikembangkan terdiri dari berbagai soal yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap skala perbandingan. Uji coba dilakukan pada sampel siswa kelas V SD untuk memvalidasi instrumen asesmen ini. Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa instrumen asesmen ini memiliki validitas dan reliabilitas yang baik dalam mengukur kemampuan literasi numerasi siswa.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pembelajaran matematika di tingkat dasar, khususnya dalam konteks pengembangan literasi numerasi pada materi skala perbandingan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah adanya panduan untuk guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa serta merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mengajar konsep matematika yang kompleks seperti skala perbandingan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:13
Last Modified: 01 Nov 2024 03:13
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item