Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANIMASI DENGAN APLIKASI SWISHMAX PADA MATERI GERAK BENDA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 25 GELUMBANG

Zulakromi, Zulakromi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANIMASI DENGAN APLIKASI SWISHMAX PADA MATERI GERAK BENDA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 25 GELUMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lemabar Pengesahan.pdf

Download (74kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (101kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk Menghasilkan media berbasis animasi dengan aplikasi swishmax yang valid dan praktis untuk kelas 4 Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau research and development. Pada penelitian ini jumlah subjek adalah 22 siswa. Media ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, lembar angket validasi, dan lembar angket respon siswa. peenelitian ini menghasilkan media berbasis animasi dengan aplikasi swishmax yang merupakan media pembelajaran berbentuk media gambar animasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan lembar angket validasi yang ditujukan kepada para ahli, dan analisis kepraktisan yang dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa. Hasil analisis data pengembangan media berbasis animasi dengan aplikasi swishmax pada materi gerak benda yang dilakukan dan dikembangkan peneliti dikategorikan sangat valid dari lembar angket validasi dengan rata-rata 92%, media berbasis animasi dengan aplikasi swishmax materi gerak benda yang dikembangkan dikategorikan sangat praktis dari aspek respon guru dengan rata-rata 91.7% dan lembar angket small group dalam uji coba dengan nilai rata-rata sebesar 93.45%. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, disimpulkan bahwa media berbasis animasi dengan aplikasi swishmax ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorAldora, PratamaNIDN0223099301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:04
Last Modified: 23 Oct 2024 03:04
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item