MERRY SILVIA, SUHITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SDN 195 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (109kB) |
|
Text
a. ABSTRAK-Indonesia.pdf Download (62kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan proses penting dalam membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan individu. Salah satu mata pelajaran yang mendukung pembentukan karakter warga negara yang baik adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Namun, pembelajaran PKn di Sekolah Dasar (SD) seringkali dianggap hafalan oleh siswa, sehingga pemahaman konsep pada PKn menjadi kurang bermakna. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create). Data pemahaman konsep belajar PKn dikumpulkan melalui tes berbentuk soal uraian sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep belajar PKn siswa kelas V SDN 195 Palembang. Rata-rata nilai tes siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 63,75 menjadi 88,78, sementara pada kelas kontrol tetap. Model pembelajaran RADEC berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar PKn siswa SD. Model ini dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam pembelajaran PKn di SD untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kewarganegaraan dan keragaman sosial budaya.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:58 | |||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:58 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |