Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARANN GAMES SNAKE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 PENUKAL UTARA

WIWIN, DESTALINA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARANN GAMES SNAKE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SDN 1 PENUKAL UTARA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (45kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh keberhasilan dalam mutu pendidikan sangat tergantung dari beberapa faktor diantaranya materi pembelajaran dalam memahami materi yang disampaikan, sehingga dalam memahami materi dibutuhkan media pembelajaran yang efektif dan inovatif media pembelajaran games snake. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh media games snake terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas II sd. 2) untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran games snake. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian PreExperimental Design. Pre-Experimental Design (nondesign). Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN 1 Penukal Utara, sampel penelitian ini adalah kelas II A sebagai kelas eksperimen dan kelas II B sebagai kelas control di SDN 1 Penukal Utara. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh atau seluruh populasi menjadi sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah rubik penilaian, lembar soal tes dan format dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum perlakuan (pre-test) diperoleh nilai rata-rata sebesar 44,67 maksimum 61 dan nilai minimum 38 dengan kategori kurang, adapun hasil belajar setelah perlakuan (post-test) diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,2 maksimum 73 dan nilai minimum 55 dengan kategori baik, 2) Hasil uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 22 dengan statistik uji Annova menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran games snake yang terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika Kelas II SDN1 Penukal Utara Kecamatan Penukal Abab Lematang Ilir.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJuliansyah, PutraNIDN8855480018
ContributorNora, SurmiasariNIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:43
Last Modified: 07 Oct 2024 02:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item