Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERDASARKAN UNSUR INTRINSIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 109 PALEMBANG

M. AGUNG, SEFRIANDI (2023) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERDASARKAN UNSUR INTRINSIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 109 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (62kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (78kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskribtif yang bertujuan untuk mendapatkan data mengenai analisis menulis puisi dalam prososes pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, obesrvasi, dan dokumentasi. Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Teknik obervasi dilakukan pada saat guru mengajar di kelas IV A SD Negeri 109 Palembang. Hasil penelitian ini adalah hasil analisis 9 puisi karya siswa kelas IV SDN 109 Palembang sesuai dengan pedoman analisis yang telah ditentukan. Jumlah dari kesesuaian judul puisi dengan tema mencapai angka 30, kemudian kesesuaian isi puisi dengan tema berjumlah angka 27, adapun jumlah kesederhanaan pemilihan kata dan hubungan pemilihan kata terdapat di angka 24, selanjutnya penyampaian amanat memperoleh angka 24, jumlah penggunaan majas terdapat di angka 25, sedangkan tipografi berjumlah 24, dengan skor total keseluruhan puisi 9 siswa dari SDN 109 Palembang berjumlah 178.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDessy, WardiahNIDN0225127701
ContributorDavid Budi, IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:46
Last Modified: 01 Oct 2024 04:46
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item