Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SD

FENITASARI, FENITASARI (2023) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SISWA KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif yang valid pada materi suhu dan kalor dan mengembangkan modul inteaktif yang praktis pada materi suhu dan kalor kelas V SD Negeri 09 Tanjung Batu. Jenis penlitian yang digunakan oleh peneliti adalah R&D jenis pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analisys, Desagn, Development, Implementasi dan evaluasi) . Populasi dan sampel penelitian ini yaitu populasi peserta kelas V SD Negeri 09 Tanjung Batu berjumlah 10 orang. Hasil penelitian produk Modul interaktif materi suhu dan kalor kelas V SD. Produk tersebut dibuat dengan menggunakan bahan kertas A4 dan aplikasi canva. Keunggulan dan hasil pengembangan modul interaktif materi suhu dan kalor menarik dan memotivasi siswa dalam proses kegiatan pembelajaran karena memiliki tulisan dan gambar yang menarik yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik dalam melatih konsentrasi. Hasil penilaian para ahli menunjukan bahwa Modul interaktif materi suhu dan kalor dengan validator ahli media diperoleh perentase sebesar 84%, validator ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 79,33%, dan validator ahli materi diperoleh persentase sebesar 81,33% rata-rata hasil dari validator ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi persentase sebesar 81,55% dengan kriteria sangat valid dan juga terhadap respon siswa pada uji coba one to one diperoleh persentase 86% pada uji coba small group diperoleh persentae 84,6% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul interaktif materi suhu dan kalor pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorPatricia HM, LubisNIDN0021087601
ContributorHenni, RiyantiNIDN0231079501
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:36
Last Modified: 01 Oct 2024 04:36
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item