Destriana, Destriana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA KELAS 2 TEMA 5 MATERI PENGALAMANKU DIRUMAH. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
ABSTRAK . DESTRIANA.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB 1 . DESTRIANA.pdf Download (448kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.DESTRIANA..pdf Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat baca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikarena dalam proses belajar mengajar guru cenderung menggunakan alat bantu berupa media berupa buku saja dan metode ceramah , sehingga kurang menarik untuk diperhatikan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis komik yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan di kelas 11 pada mata pelajaran bahasa indonesia Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 17 Palembang yang berlokasi di Jl. Enim Lorok Pakjo,Demang lebar Daun, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ADDIE , yaitu analisis (Anlysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi ( Implementation), dan evaluasi (Evaluation) . Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas ll SD Negeri 17 Palembang yang berjumlah 30 siswa di kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi,Wawancara, Angket, dan Dokumentasi. , Hasil dari penelitian ini adalah hasil penilaian dari seluruh validator persentase sebesar 98% dengankriteria “ Sanggat Valid” sedangkan one to one mendapatkan presentase rata-rata sebesar 84,5% Sangat praktis dapat disimpulkan, beerdasarkan kriteria persentanse nilai rata-rata 81%-100% bahwa media komik yang dikembangkan sangat praktis, pelaksanaan tahap uji coba Small Group mendapatkan presentase sebesar rata-rata 90,7% Sangat Praktis hasil data analisis uji coba produk Flied test yang dilakukan oleh 30 peserta didik kelas ll SD Negeri 17 Palembang pada tabel maka dapat diketahui respon peserta didik pada total skor diperoleh dengan presntanse sebesar 92,2% dengan kriteria sangat praktis, efek potensial yang dilakukan kepada peserta didikkelas ll SD Negeri 17 Palembang yang berjumlah 30 peserta didik melalui 10 soal tes pilihan ganda dengan presentase ketuntasan 86% atau 27 peserta didik yang mencapai nilai KKM dan 3 peserta didik yang dibawah KKM. Berdasarkan presentanse tersebut maka efek potensial dan hasil akhir atau post test dengan hasil presentase 90% (p≥80%) sehingga media komik dikategorikan sangat potensial.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:37 | |||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:37 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1081 |
Actions (login required)
View Item |